Karir Sundar Pichai Hingga Jadi CEO Google

Raksasa internet Google merayakan ulang tahunnya yang ke-23 saat hari ini, 27 September 2021. Berbicara perihal Google, tentunya tidak lepas daripada orang nomor satu dalam perusahaan internet dunia itu, yakni sang CEO, Sundar Pichai. Sundar Pichai menjadi CEO Google semenjak 2015, saat Pencari google membentuk perusahaan “payung”, Alphabet. Sundar Pichai menggantikan CEO Google kala itu, Larry Page yang menjadi CEO Alphabet. Sundar Pichai, pria kelahiran India tahun 1972 itu bergabung bersama Google pada 2004. Kala itu ia bekerja mengembangkan device dan software. Susunan produk Google yang sudah mendapat sentuhan Sundar Pichai meliputi Chrome, Chrome OS, Gmail, Google Maps hingga Google Drive.

Karier Sundar Pichai makin moncer di Google pada 2013, pada saat itu ia dipercaya untuk mengelola pengembangan sistem operasi Android menggantikan Andy Rubin, yang kala itu berencana pindah untuk menjadi CEO Microsoft. Baru pada 2015, Sundar Pichai diangkat menjadi CEO Google karena Larry Page, CEO sebelumnya, menjabat jabatan sebagai CEO Alphabet, perusahaan induk baru yang mengendalikan produk-produk Google.

Jika dihitung sejak berkarya menjadi karyawan Google, yakni pada 2004, maka Sundar Pichai memerlukan waktu 11 tahun untuk menjabat orang nomor satu di Google. Kemudian saat Desember 2019, melalui sebuah surat yang dipublikasi di blog resmi perusahaan, perancang Google Larry Page menyatakan mundur dari jabatannya sebagai CEO Alphabet.

Dengan demikian, Sundar Pichai yang sebelumnya telah memangku sebagai CEO Google juga merangkap selaku CEO Alphabet, industri induk Google yang didirikan pada 2015 itu. Sundar Pichai pun menjadi kepala nomor satu di Google dan Alphabet sekalian. Selain Larry Page, pendiri Google lainnya, Sergey Brin, ikut mundur dari jabatannya sebagai Presiden Alphabet. Posisi itu sekarang ditiadakan dalam kerangka perusahaan. “Alphabet serta Google tidak juga membutuhkan dua CEO dan seorang Pemimpin, ” tulis Sundar Pichai dalam blog resmi Google waktu itu.

Sebagai CEO Alphabet sekaligus CEO Google, Sundar Pichai telah menjadi eksekutif, yang bertanggung jawab pada memimpin Google, dan mengatur investasi Alphabet dalam portofolio Other Bets yang berisi unit-unit usaha lain.

Informasi ini persembahan oleh Jasa Konsultan Pajak yang dikutip dari kompas.com