5 Keuntungan Penerapan Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Bisnis

Media sosial bukan hal yang baru lagi bagi masyarakat di zaman sekarang, karena keberadaannya begitu penting untuk masyarakat, entah itu digunakan sebagai penunjang hiburan ataupun akses informasi. Bahkan banyak dipakai sebagai sarana untuk penunjang bisnis, tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan bahwa pada dasarnya sosial media ini banyak dipakai untuk kebutuhan marketing, memperkenalkan produk secara lebih luas pastinya. Ada banyak upaya penerapan strategi pemasaran melalui media sosial yang umum digunakan dalam bisnis.

Bahkan sebenarnya pemanfaatan media sosial ini tidak hanya cocok untuk Anda yang punya bisnis besar saja, melainkan juga usaha kecil atau yang masih baru. Karena jika seandainya dilihat dari segi biaya yang harus dikeluarkan sendiri cenderung jauh lebih murah atau kecil, dibandingkan dengan mengandalkan teknik pemasaran secara langsung atau konvensional yang memang akan memakan lebih banyak biaya.

Lalu jenis social media apa yang dapat digunakan untuk kebutuhan pemasaran ini? tentunya hampir semua social media bisa dipakai, mulai diantaranya adalah Facebook yang jumlah penggunanya memang paling banyak, Instagram yang populer di kalangan anak muda sampai dengan TikTok yang memang sedang naik daun belakangan ini. Lalu sebenarnya apa keuntungan yang akan didapatkan dengan adanya strategi pemasaran melalui media sosial ini? berikut yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Bantu hemat biaya pemasaran, jika Anda ingin agar nantinya usaha tersebut bisa terus berkembang maka penting sekali untuk mau keluar modal dalam kegiatan pemasaran ini. Hanya saja memang kegiatan pemasaran sendiri memang memerlukan biaya yang tidak sedikit, apalagi untuk bentuk pemasaran secara langsung atau konvensional, berbeda ceritanya jika Anda memilih pemasaran secara digital, khususnya adalah lewat social media ini, lebih banyak nantinya biaya yang dapat dihemat. Anggarannya bahkan dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda.

  1. Meningkatkan brand awareness, keuntungan lain yang juga akan didapatkan adalah dapat membantu untuk meningkatkan kesadaran merek atau yang dikenal juga sebagai brand awareness. Karena semakin dioptimalkan kegiatan pemasarannya, maka bukan hal yang mustahil nantinya produk atau jasa yang ditawarkan tersebut bisa semakin dikenal secara lebih luas oleh masyarakat di luar sana, khususnya pengguna media sosial tersebut. Hal ini sangat mungkin terjadi dengan Anda membagikan konten-konten yang berkualitas.

  1. Meningkatkan hubungan dengan pelanggan, adanya transaksi secara lebih tinggi dengan menggunakan media sosial tersebut, karena bagaimanapun nantinya dengan membagikan konten baik itu dalam bentuk, foto, video maupun juga konten-konten menarik yang lainnya, maka bisa membuat pengguna social media dapat mengunjungi akun Anda, memberikan like, share dan sebagainya, bahkan juga dapat berkomentar dan juga saling memberikan feedback disana.

  1. Mendongkrak penjualan, selanjutnya keuntungan yang juga dapat dirasakan adalah dari segi penjualan produk atau jasa tersebut yang bisa semakin meningkat dibandingkan dengan sebelumnya. Karena ketika produk tersebut semakin terkenal, begitu juga diimbangi dengan kualitasnya yang semakin bagus, maka konsumen sendiri juga tidak akan ragu untuk menggunakannya bukan, bahkan untuk repeat order lagi, sehingga berdampak pada penjualan produk atau jasa yang bisa kian optimal dibandingkan dengan sebelumnya.

  1. Mengoptimalkan keuntungan, tujuan akhir yang nantinya bisa diraih dengan strategi pemasaran yang tepat tak lain adalah agar keuntungan yang dirasakan oleh para pelaku bisnis atau pengusaha tersebut bisa semakin besar, lebih dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan berpotensi untuk membuat bisnis Anda jadi lebih berkembang dari sebelumnya, bisa bersaing dengan bisnis-bisnis besar lain yang ada di luar sana.

Belajar tentang strategi pemasaran melalui media sosial yang tepat hanya di Prasmul-ELI, lembaga pelatihan serta sertifikasi nomor satu yang ada di Indonesia, dimana sejauh ini program pelatihan yang ditawarkannya juga lebih lengkap dibandingkan dengan sebelumnya. Selain ada pelatihan secara langsung atau offline, maka tersedia juga jenis pelatihan online yang jadwalnya lebih fleksibel, sehingga dapat diikuti oleh Anda para karyawan kantoran. Semua program pelatihan yang ada disini nyatanya juga sudah bersertifikat sehingga terjamin dan telah diakui oleh banyak perusahaan besar di luar sana.