7 Cara Jualan Online Yang Mudah Dan Menguntungkan Untuk Pemula

Banyak orang yang ingin belajar cara julan online untuk menghasilkan uang dari internet,karena berjualan barang secara online di anggap sebagai cara berbisnis yang mudah dan gampang,serta menguntungkan dan menjanjikan hasil besar dengan cepat untuk pemula.

Lewat artikel ini,di ulas dan di paparkan sejumlah fakta tentang cara jualan online barang atau produk maupun jasa sebagai solusi yang mudah mencari uang dan memperoleh penghasilan dengan cepat dan menguntungkan dari internet bagi para pemula.

Berjualan online atau menjual barang atau produk melalui web memang terbukti mudah dan gampang di lakukan,karena kita bisa melakukan urusan penjualan dari rumah tanpa harus berpergian jauh setiap hari.

Akan tetapi,ada banyak cara jualan online yang perlu di ketahui oleh para pemula yang baru belajar untuk masuk ke dunia pemasaran online.Karena pasar online itu sangat luas dan memiliki calon prospek atau pembeli yg berbeda-beda,yg di sebut sebagai segmen pasar di web.

Apabila anda adalah seorang pemula yg baru belajar untuk masuk ke dunia pemasaran online di internet,maka sebaiknya anda mengenal dulu cara-cara berjualan online dan perlu mengetahui peluang dan prospeknya,agar supaya barang jualan anda cepat laku terjual.

Tulisan ini di buat dan di persembahkan untuk tujuan menambah wawasan dan ketrampilan menjual secara online bagi para pebisnis pemula yang baru ingin masuk menekuni dunia pemasaran online,dan ingin cepat sukses menghasilkan penjualan-penjualan yang menguntungkan dengan hasil besar.

7 Cara Jualan Produk Online Paling Mudah Dan Menguntungkan Buat Pemula

1.Berjualan lewat market place online

Berjualan lewat market place online adalah salah satu cara jualan online yang paling mudah untuk seorang pemula.

Banyak orang yang memilih market place online untuk tempat berjualan barang secara online karena terbukti bisa langsung menghasilkan uang dari penjualan yg terjadi,tanpa harus repot-repot menjalankan promosi,dan tanpa perlu harus membuat website sendiri.

Ada banyak market place online yang populer atau terkenal di Indonesia saat ini,yang bisa anda pilih sebagai tempat menjual produk untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Di antara market place online yang populer di Indonesia saat ini adalah sebagai berikut:

Bukalapak
Bukalapak adalah salah satu market place online terbesar yg sudah sangat populer dan terkenal di Indonesia.Hingga saat ini,terdapat sekitar 100 ribu lebih penjual online telah bergabung di bukalapak untuk merebut minat pasar online di web.Dan jumlah penjual terus bertambah setiap hari.

Dan hingga saat ini,ada sekitar 1 juta lebih jenis dan nama produk di jual dan di tawarkan setiap hari di Bukalapak.

Dan hingga saat ini,bukalapak di kunjungi sekitar 10 juta orang lebih setiap hari.Jadi bisa anda bayangkan sendiri besarnya peluang dan prospek pasar yang siap menjadi pembeli produk apa pun yang anda jual.

Tokopedia

Market place berikutnya yang juga sangat populer dan terkenal di Indonesia saat ini adalah tokopedia.Hingga saat ini,ada sekitar 100 ribu lebih penjual telah bergabung di tokopedia untuk merebut minat pasar onine di web.

Dan terdapat sekitar jutaan jenis dan nama produk telah di jual dan di tawarkan di tokopedia.Dan tokopedia di kunjungi sekitar 10 juta orang lebih setiap hari,yang merupakan calon prospek dan pelanggan yang siap membeli barang apa pun yang anda jual dan tawarkan.

Lazada

Market place online berikutnya yang juga sangat populer dan terkenal di Indonesia adalah Lazada.Bahkan lazada tidak hanya populer di Indonesia saja,akan tetapi juga populer di Asia tenggara.

Konon,lazada adalah market place online nomor 1 di Asia tenggara.Nah,karena merupakan market place nomor satu di kawasan Asia tenggara,maka para penjual yang membuka lapak toko online di lazada berasal dari beberapa negara yang ada di kawasan Asia tenggara.

Hingga saat ini,ada sekitar 1 juta juta penjual telah beragbung di lazada.,dan terdapat sekitar 2 juta lebih jenis dan merek produk di jual setiap hari di lazada.

Dan Lazada juga memiliki sekitar 10 juta orang lebih pengunjung dalam setiap hari,yang merupakan prospek yang siap menjadi pembeli dan pelanggan apa pun produk yang anda tawarkan.

2.Berjualan lewat Website Toko Online Milik Sendiri (Buat atau beli dulu websitenya)

Menjual barang lewat website miliki sendiri adalah merupakan salah satu cara jualan online yang paling mudah di lakukan oleh seorang pemula,asalkan sudah tahu caranya.

Banyak orang yang memulai bisnis berjualan barang maupun jasa di internet berawal dari membuat website toko online mereka sendiri.Atau dengan cara membeli website atau blog yang siap pakai agar bisa segera memulai berjualan untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Bagi sebagian orang yang menekuni bisnis online,menjual barang secara online melalui website sendiri adalah pilihan yang menyenangkan dan lebih menguntungkan.

Inilah beberapa kelebihan dan keuntungan cara jualan online lewat website milik sendiri:

1. Semua barang yang anda di promosokan dalam satu website/weblog bisa langsung di lihat para pengunjung weblog/website anda.karena tidak bercampur dengan barang penjual lain,sehingga tidak ada persaingan penjualan dalam satu website/weblog,dan otomotis akan meningkatkan kemungkinan terjadinya lebih banyak penjualan,serta meningkatkan pula potensi penghasilan anda
2. Anda dapat menjual barang milik sendiri maupun barang milik orang lain dalam satu website,dan dari penjualan barang orang lain itu anda akan mendapatkan keuntungan tambahan.
3. Anda bebas berkreasi dan menentukan letak gambar barang di halaman website atau weblog.
4. Anda bebas dari pembayaran biaya adminitrasi dan komisi transaksi penjualan,karena anda sendirilah selaku admin atau pemilik website.
5. Website toko online bisa menjadi tempat berjualan bagi anda untuk selamanya/jangka panjang
6. Anda bisa membangun dan mengembangkan brand toko online sendiri.Misalnya,nama toko online anda adalah “Lapak-online-terlaris”,atau “jualanlaris”.

Apakah cara jualan online lewat website sendiri membutuhkan modal besar untuk memulainya?

Anda bisa memulai berjualan online lewat website sendiri tanpa modal yang besar.Karena ada banyak situs penyedia layanan untuk pembuatan website secara gratis.

Adapun situs-situs penyedia layanan untuk pembuatan website gratis alias gratisan adalah seperti; wordpress.com,wordpress.org,dan blogger.com atau blogspot.com

Anda bisa membuat sendiri website untuk toko online anda secara gratis lewat situs-situs tersebut,gak perlu anda bayar,karena memang di sediakan secara gratis.

Akan tetapi,apabila anda tidak mau atau tidak suka repot-repot lagi bekerja sendiri untuk membuat website toko online,maka sebagai solusinya adalah dengan cara menyewa jasa pembuatan website secara online.

Di internet saat ini,sangat banyak orang atau perusahaan yang menyediakan layanan jasa membuat website untuk toko online,dengan biaya yang murah dan terjangkau.

Bayaran untuk jasa pembuatan website toko online berkisar antara Rp.750 ribu sampai Rp.10 juta lebih.Atau tergantung kelengkapan fitur dan desain website toko online yang anda inginkan.

Dalam hal ini,apabila anda menginginkan website toko online yg memiliki fitur dan desain yg sederhana,maka biaya yang anda keluarkan hanya sekitar Rp.750 ribu saja,dan anda akan mendapatkan gratis hosting untuk website toko online anda,serta alamat area website misalnya,com,atau co.id.

Apa yang anda lakukan setelah memiliki website toko online?

Untuk selanjutnya,anda hanya tinggal mempromosikan website toko online anda,agar di ketahui oleh banyak orang.Atau bisa juga dengan melakukan optimasi website agar mendapatkan banyak trafik organik gratis dari search engeine seperti google dan bing.

Cara yang paling mudah agar website toko online anda dengan cepat mendapatkan trafik gratis adalah dengan mempromosikannya lewat facebook,dan promosinya juga bisa dengan cara gratis lewat grup-grup jual-beli yang ada di facebook.

3.Berjualan Online Di Facebook

Cara lain yang paling mudah untuk berjualan online adalah lewat facebook.Dan terbukti sangat banyak orang yang berhasil melakukan penjualan online lewat facebook.

Berjualan online lewat facebook bisa di lakukan secara gratis.dan bisa langsung menghasilkan uang atau keuntungan dengan cepat hanya dalam hitungan menit setelah anda melakukan promosi,apabila anda tahu cara jitu melakukan promosi yang benar.

Bagaimana cara memulai berjualan online di facebook?

Pertama,anda harus membuat akun di facebook.Akun facebook ini ada dua jenis yaitu; jenis akun untuk profil pribadi anda,dan jenis akun untuk profil bisnis anda.

Kedua jenis akun facebook itu harus anda buat agar anda lebih bebas melakukan penjualan penjualan sesuai aturan-aturan dan kententuan yang ada di facebook.

Mengenai akun untuk frofil bisnis anda di facebook,bisa anda buatkan halaman tersendiri yang di sebut “fans web page”.

Nah,melalui followers web page inilah anda akan lebih leluasa melakukan penjualan,dengan memposting gambar-gambar barang yang anda promosikan kepada para fans yang mengikuti halaman profil bisnis anda.

Salah satu rahasia sukses berjualan di facebook melalui halaman profil bisnis adalah,dengan cara mencari sebanyak mungkin pengikut/follower untuk halaman followers web page bisnis anda.

Dalam hal ini,jika semakin banyak follower atau pengikut halaman profil bisnis anda,maka akan semakin banyak pula peluang atau kemungkinan bagi anda untuk mendapatkan banyak penjualan dalam setiap hari atau setiap bulan.

4.Berjualan online lewat instagram

Salah satu cara jualan online yang paling gampang di lakukan oleh pemula adalah dengan menjalankan promosi lewat instagram.

Banyak orang yang berjualan melalui instagram,dan di antara mereka tidak sedikit yang berhasil meraih keuntungan.

Cara berjualan di instagram juga di anggap sangat menguntungkan.Karena bisa di lakukan secara gratis dengan memposting gambar-gambar produk yang anda ingin jual kepada para pengguna instagram yang terhubung dengan profil atau akun anda di instagram.

Uplod gambar produk,di tambahkan dengan kata-kata dan kalimat yang manis dan menggoda,maka jualan pun bisa langsung laris di beli banyak orang.

Metode atau cara promosi di instagram tidak jauh beda dengan yang di lakuakan orang lewat facobook.

Untuk memulai berjualan di instagram,tentu anda harus membuat dulu akun untuk profil anda di instagram,dan selanjutnya anda harus menjalin hubungan dengan sesama pengguna istagram.Dengan kata lain,semakin banyak orang yang mengenal atau terhubung dengan profil anda di istagram,maka akan semakin banyak pula peluang dan kemungkinan terjadinya banyak penjualan.

5.Berjualan Online lewat situs-situs iklan baris gratis tanpa modal untuk bayar iklan

Cara jualan online yang paling mudah dan juga bisa anda lakukan adalah dengan menjalankan promosi gratis untuk penjualan produk anda lewat situs iklan baris gratis.

Di katakan iklan baris gratis karena memang tidak perlu harus membayar biaya untuk pemasangan iklan.Dalam hal ini,ruang iklan baris gratis sengaja di sediakan oleh pemilik website iklan baris gratis tersebut untuk orang-orang yang ingin melakukan promosi penjualan produk.Bahkan anda juga tidak perlu membayar komisi untuk setiap transaksi kepada pemilik website.

Jadi,cara jualan online lewat situs iklan baris gratis bisa di bilang akan sangat menguntungkan buat pemula.Anda pun bisa melakukannya dengan mudah.

Bagaimana cara memulai berjualan online di situs iklan baris gratis?

cara memulainya sangat gampang dan cepat,yakni dengan mendaftar terlebih dulu untuk membuka akun di sana.Bahkan ada situs iklan baris gratis yang membolehkan kita untuk memasang iklan baris langsung tayang tanpa harus daftar.Sangat menguntungkan bukan?

Bagaimana mendapatkan situs iklan baris gratis?

Cara mendapatkan situs iklan baris gratis sangat mudah,yakni,hanya dengan mencarinya lewat search engeine seperti google.Untuk menemukannya dengan cepat,gunakan kata kunci “Situs iklan baris gratis”,dengan catatan,tidak pakai tanda kutip.

Setelah melakukan pencarian dengan kata kunci tesebut,maka dengan segera akan terbuka halaman yang berisi daftar situs-situs iklan baris gratis.Selanjutnya,pilih dan buka semua situs iklan baris gratis tersebut untuk memasang iklan-iklan tentang produk anda.Bahkan anda bisa menjual jasa lewat iklan baris gratis,apabila anda punya keahlian yang di butuhkan banyak orang.

6.Berjualan online lewat situs-situs forum jual beli online

Banyak situs forum jualan beli online di web yang bisa di jadikan tempat berjualan produk,baik secara gratis maupun berbayar.

Salah satu situs discussion board jual beli online terbesar yang populer di Indonesia adalah FJB Kaskus.co.id.

FJB Kaskus saat ini telah memiliki ratusan ribu member,sehingga terdapat peluang besar bagi anda untuk menghasilkan penjualan dengan cepat apabila anda mau berjualan online di sana.

Untuk memulai berjualan di FJB Kaskus.co.id,anda harus mendaftar dulu menjadi member di sana.Setelah beberpa hari aktif masuk ke discussion board,anda sudah boleh menjual produk anda.

Agar anda mendapatkan banyak pelanggan dan bisnis anda terus di ijinkan melakukan promosi di FJB,anda harus mematuhi aturan-aturan dan ketentuan yang ada di sana.Jadi,sebulum anda melakukan penjualan,anda harus membaca dan mempelajari dulu aturan2 dan ketentuan tentang tata cara berjualan online yg di ijinkan.

Berjualan online through forum jual beli online telah di lakukan oleh banyak orang yang bergelut di dunia pemasaran online.Dan di anggap sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pendapatan dari jualan online.Anda pun bisa melakukannya.

Perlu anda ketahui di sini bahwa,situs FJB yang aktif di internet saat ini sangat banyak.Dan anda bisa memilih beberapa di antaranya untuk di jadikan jalur penjualan online alternatif untuk menghasilkan lebih banyak uang dan keuntungan.

7.Berjualan online Secara Gratis lewat kolom komentar di weblog orang lain

Ada banyak juga orang yang menekuni bisnis online melakukan penjualan dengan cara promo yang unik.Yakni,dengan menyelipkan kata-kata penjualan manis lewat kolom komentar yang ada di blog atau wensite orang lain.

Cara jualan online seperti ini bisa anda lakukan secara gratis untuk menghemat anggaran promosi,dan hanya dapat di lakukan pada website-website atau weblog tertentu yang sengaja membiarkan kolom komentar di penuhi komtentar-komentar para pengunjung yang mau berjualan.

Apabila anda menemukan blog atau wensite yang komentarnya sengaja di biarkan di penuhi dengan komentar yang mengandung unsur promosi,maka anda pun bisa pula ikut melakukan promosi lewat kolom komentar yg tersedia untuk mulai menghasilkan uang dengan cepat.

Dalam hal ini,jika semakin banyak pengunjung/pembaca halaman suatu website atau weblog,maka akan semakin banyak pula kemungkinan dan peluang penjualan yang akan anda dapatkan.Atau semakin rajin anda berkomentar di banyak website atau weblog,maka akan semakin banyak pula orang yang melihat atau membaca iklan penjualan yang anda lakukan,dan otomatis bisa meningkatkan potensi pendapatan anda.

Siapa saja prospek yang akan membeli produk anda dengan cara berkomentar di bathroom arau website orang lain yang anda kunjungi?

Calon prospek yang akan membeli produk anda terdiri dari pemilik atau admin web atau weblog yg anda kunjungi,serta orang-orang dari berbagai kalangan,atau tergantung area of interest website atau blog anda kunjungi,dan tergantung juga pada produk yang anda jual.

Dalam hal ini,apabila produk anda adalah baju atau pakaian muslim untuk wanita,maka anda harus berkomentar di website atau weblog yang membahas tentang kebutuhan dan keinginan para wanita.

Dan apabila produk anda adalah Hand phone Samsung,maka website atau blog yang anda kunjungi adalah yang membahas tentang teknologi,kompunter,internet,gadget.

Artinya,anda harus menyesuaikan apa yang anda tawarkan dengan calon prospeknya.

Cara jualan online apabila di lakukan dengan benar dan tepat,atau sesuai dengan produk dan pasar yang di target akan dapat berhasil dan sukses dengan cepat.

Apa pun produk atau jasa yg anda jual,jika anda ingin produk atau jasa tersebut cepat laku di jual,maka anda harus mengetahui dulu siapa calon pembelinya,sehingga anda dengan mudah anda menentukan cara terbaik dan jitu untuk menjualnya dengan cepat,dan dengan harga yang tepat.