7 Ide Peluang Usaha Jualan Makanan Online Yang Laku

7 Ide Peluang Usaha Jualan Makanan Online Yang Laku

Saat ini hampir semua keperluan bisa didapatkan secara online bahkan makanan juga bisa dijual secara online. Usaha makanan yang terus mengalami perkembangan dengan hadirnya berbagai menu dan rasa makanan.

Berikut 7 Ide Untuk Peluang Usaha Jualan Makanan Online

Bagi pebisnis pemula yang ingin memulai usaha jualan makanan secara online, berikut ada beberapa ide bisnis yang bisa jadi alternatif pilihan:

Makanan Instan

Masyarakat yang kini lebih menyukai suatu hal simpel, begitu juga dengan makanan. Ada banyak makanan instan yang bisa ditemui di toko, salah satunya makanan kalengan. Selain bisa dijual secara offline makanan kalengan juga bisa dijual dengan sistem online.

Seseorang yang super sibuk bisa memilih makanan ini karena tidak butuh waktu yang lama untuk membuat makanan ini hingga bisa dimakan. Ini juga bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang umumnya malas masak. Karena makanan kaleng selain bisa disimpan tahan lama juga tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Bahkan ada juga makanan kalengan yang bisa langsung dimakan.

Makanan Frozen

Berbagai makanan yang dibekukan ini juga bisa dijual secara online misalnya daging sapi, ikan, daging ayam dan berbagai makanan laut yang lainnya. Frozen bisa diolah menjadi produk baru seperti sosis, nugget, siomay dan bakso sehingga menjadi peluang usaha jualan makanan online menguntungkan. Bisnis makanan yang dijual secara online tentu memiliki kelebihan dibandingkan dijual secara offline. Selain mendapatkan banyak konsumen, waktu dan tempat juga bisa dikondisikan.

Makanan Kering

Makanan yang sangat diminati masyarakat Indonesia ini juga bisa dijual secara online. Keripik yang bisa disimpan dalam waktu yang lama menjadi usaha yang menguntungkan jika dikelola dengan baik. Apalagi saat ini sudah hadir beragam jenis dan varian rasa keripik dan jika dijual dengan sistem online tentu lebih banyak konsumennya dibandingkan hanya dijual secara offline. Selain itu, bisa dikirim ke berbagai daerah.

Meskipun umumnya orang memakan lauk basah, namun menjual lauk kering secara online juga bukan hal yang salah. Saat ini lauk kering juga semakin dikenal masyarakat, selain bisa disimpan dalam waktu yang lama lauk ini juga cukup praktis untuk dimanfaatkan. Bahan yang bisa dijadikan untuk lauk kering seperti tempe, daging sapi yang kemudian dibuat menjadi abon. Tentu saja dibutuhkan keahlian memasak agar bisa menghasilkan lauk kering yang lezat dan disukai konsumen.

Makanan kering ini juga bisa dijual online dengan waktu penyimpanan yang bisa bertahan lama. Apalagi roti selalu menjadi makanan yang laris di toko-toko. Jika dipasarkan secara online melalui berbagai media sosial tentu konsumennya dari berbagai daerah. Keuntungan peluang usaha jualan makanan online terlaris lebih banyak dibandingkan hanya dijual secara offline saja.

Makanan Sehat

Makanan sehat mulai dari jenis camilan sehat, gorengan sehat, roti sehat hingga kue sehat pun bisa dibuat. Kini hidup sehat semakin digalakkan dan menjual makanan sehat tentu menguntungkan. Target konsumennya semua kalangan sehingga bisa dipasarkan secara online dan dipromosikan lewat media sosial. Jenis makanan sehat yang dibuat misalnya makanan sehat yang sedang populer atau makanan sehat unik. Bisa juga dibuat camilan vegetarian yang tanpa bahan pengawet dan penyedap rasa berbahaya. Berbagai menu makanan sehat bisa diciptakan dan dilihat bagaimana prospeknya di lingkungan masyarakat.

Jasa catering juga bisa menjadi peluang bisnis jualan kuliner online apalagi saat ini catering juga bisa dipromosikan melalui media sosial. Usaha yang menjadi favorit pelaku bisnis ini karena omset yang menjanjikan apalagi jika dapat pesanan dengan jumlah besar. Berbagai menu masakan bisa ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

Buat promo menggunakan aplikasi online

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan mempromosikan makanan yang ada dengan promo yang ada di aplikasi online. Aplikasi ini bisa dianggap sebagai tempat untuk memasarkan makanan tersebut. Memang ada biaya yang dikeluarkan namun untuk keberhasilan bisnis tentunya tidak masalah.

Jika menjual makanan secara online dan menerima layanan pesan antar maka bersikap ramahlah kepada konsumen dan kepada kurir yang bertugas mengantar makanan tersebut. Sikap ramah, quick respons dan memberikan pelayanan yang baik penting untuk perkembangan bisnis kuliner yang sedang dijalankan.

Promosikan di acara bazar

Saat ini ada banyak acara yang menyediakan berbagai stan salah satunya stan kuliner. Melalui kegiatan ini bisa dipromosikan makanan yang diproduksi karena banyaknya masyarakat yang datang ke acara tersebut, baik acara competition, expo atau acara lainnya. Jangan lupa mencantumkan model dari bisnis yang sedang dijalankan serta kontak yang bisa dihubungi konsumen untuk melakukan order. Mengenai jenis makanannya sudah dijelaskan contoh peluang usaha jualan makanan online di atas. Umumnya stan makanan atau minuman ini sering ada, sehingga jangan sampai melewatkan peluang untuk mempromosikan menu makanan yang diproduksi.

Karena proses penjualan yang dilakukan secara online, aktif di media sosial itu penting. Apalagi saat ini banyak konsumen yang tidak lepas dari media sosial. Selain bisa mengetahui perkembangan dunia kuliner dan menu yang sedang populer, juga bisa membuat bisnis yang dijalankan dikenal banyak orang.

Ini penting bagi pebisnis kuliner untuk sering meng-update menu makanan unik, menarik di media sosial. Selain di poskan menu makanan, juga bisa berbagai pengetahuan mengenai makanan sehat, pola makan dan hal lain yang connect dengan bisnis kuliner.

Rajin menghasilkan produk baru

Ini juga penting dilakukan agar konsumen tidak bosan dengan menu makanan yang ditawarkan. Sehingga perlu dihasilkan produk baru, dikombinasikan atau dibuat dengan tampilan baru.