7 Bisnis Online Tanpa Modal Yang Wajib Kalian Coba Di Instagram

Di tahun 2018, setidaknya tercatat ada sekitar 6,8 juta pengangguran di Indonesia. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan tahun 2017 atau turun sekitar one hundred forty.000 jiwa. Meski angka pengangguran mengalami penurunan, masih cukup banyak orang yang kurang beruntung dan bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan. Akan tetapi, era digital sebenarnya menjanjikan banyak kesempatan. Jika tidak mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang cukup mapan, masih ada usaha tanpa modal.

Berbisnis bisa menjadi jawaban untuk siapa pun yang menginginkan kehidupan yang lebih baik. Potensi penghasilan dari bisnis juga cukup besar, bahkan tidak sedikit yang berpotensi menghasilkan pemasukan melebihi gaji karyawan tetap ataupun pegawai negeri sipil. Menariknya lagi, bisnis tanpa modal kini bukan hanya sekedar mimpi. Bahkan media sosial seperti Instagram juga bisa menjadi lumbung emas bagi mereka yang jeli melihat peluang.

7 Peluang Bisnis Online Tanpa Modal di Instagram

Di awal kemunculannya, Instagram tidak pernah didesain untuk berjualan atau bisnis. Media sosial ini dibuat sebagai wadah untuk mereka yang ingin berbagi foto dengan orang-orang dekat. Namun perkembangan Instagram di Indonesia seperti mengalami anomali. Banyak pengguna Instagram di Indonesia yang memanfaatkannya untuk berbisnis bahkan kerap dimanfaatkan untuk membangun usaha tanpa modal, memang karena ide bisnis yang bisa dijalankan disini sangat menggiurkan.

Ada banyak peluang bisnis yang bermunculan. Beberapa di antaranya memang masih membutuhkan sedikit modal uang. Namun ada juga yang tidak membutuhkan modal uang sama sekali. Untuk lebih jelasnya, berikut peluang bisnis online tanpa modal di Instagram.

1. Bisnis Dropship Produk Makanan

Ingin jualan tapi tidak punya modal? Kalian bisa mencoba bisnis yang satu ini. Bisnis dropship terus mengalami perkembangan di era digital seperti sekarang ini. Popularitas bisnis ini juga terus tumbuh. Pelakunya sendiri tidak terbatas pada mereka yang sudah lulus dari bangku pendidikan. Mereka yang masih mengenyam pendidikan juga tidak sedikit yang menjalankan bisnis tanpa modal yang satu ini.

Konsep dari bisnis dropship produk makanan sendiri sebenarnya sangat sederhana. Kalian hanya perlu menawarkan produk makanan yang ingin dijual baik itu lewat Instagram, marketplace atau media sosial lain tanpa harus memikirkan soal produksi ataupun pengiriman barang. Semua itu akan ditangani oleh supplier.Kalian juga tidak perlu khawatir soal modal. Meski tidak bisa dikatakan tidak membutuhkan modal uang sama sekali, setidaknya kalian tidak perlu menyiapkan modal dalam jumlah besar. Yang terpenting adalah kalian memiliki teknik penjualan yang baik.

2. Bisnis Jualan Pakaian

Bagi kalian yang memiliki ardour dan tertarik dengan dunia fashion, kalian bisa menjual pakaian lewat Instagram. Kalian bisa memanfaatkan aplikasi berbagi foto ini untuk menunjukkan pakaian yang ingin dijual layaknya sebuah website portofolio. Jika pakaian yang ditawarkan memang menarik, maka bukan tidak mungkin ada orang yang tertarik untuk membeli produk yang kalian tawarkan.

Cara jualan online di Instagram untuk produk pakaian terbilang tidak membutuhkan modal besar, terlebih jika dijalankan secara online. Namun jika ingin yang lebih terjangkau, kalian bisa bekerja sama dengan suplier pakaian dengan menjadi dropshipper. Meski tidak membutuhkan modal besar, peluang bisnis online tanpa modal ini masih cukup besar.

3. Bisnis Agen Produk Kesehatan

Bagi kalian yang memiliki cukup pengetahuan tentang dunia kesehatan dan obat-obatan, kalian bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk berjualan produk kesehatan. Banyaknya pilihan produk kesehatan menjanjikan peluang yang cukup besar. Bukan hanya terbatas pada produk obat-obatan, produk kesehatan lain seperti produk inovatif kesehatan juga bisa kalian tawarkan lewat Instagram.

Potensi penghasilan dari bisnis ini cukup tinggi. Selama kalian memang memiliki kemampuan pemasaran yang baik, kalian tidak akan kesulitan mendapatkan pemasukan dari bisnis ini. Tidak perlu khawatir soal modal ataupun stok barang. Kalian bisa menjalankan usaha tanpa modal ini seperti bisnis dropshipping.

4. Bisnis Affiliate Marketer

Di era digital seperti sekarang ini, peluang menghasilkan uang semakin terbuka lebar. Bahkan kalian tidak harus selalu memiliki produk sendiri untuk dijual. Kalau kalian memiliki kemampuan advertising, kalian bisa menjual barang milik orang lain dengan menjadi seorang affiliate marketer.

Konsep dari affiliate marketer sendiri cukup sederhana. Kalian bergabung dengan situs ecommerce besar yang menawarkan kerja sama ini dan mulai menawarkan barang yang mereka miliki.
Untuk setiap produk yang berhasil dijual, kalian akan mendapatkan charge atau imbalan.

Kalian bisa memanfaatkan blog, website hingga media sosial untuk menjalankan bisnis ini. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa promosi Instagram untuk mempromosikan produk yang ingin kalian jual.

Karena tidak membutuhkan modal besar, potensi keuntungan yang bisa diperoleh cukup menggiurkan. Jadi bagi kalian yang sedang mencari bisnis tanpa modal, menjadi affiliate marketer bisa jadi pilihan.

5. Bisnis Jasa Titip Beli Barang

Ada beberapa barang yang hanya bisa ditemukan di kota-kota tertentu atau negara tertentu. Terkadang, ada orang yang menginginkan barang-barang seperti ini tapi mereka tidak ingin pergi ke luar kota atau keluar negeri hanya untuk membelinya. Di sinilah salah satu peluang bisnis tanpa modal yakni bisnis jasa titip beli barang lahir.

Bisnis jasa titip ini mungkin lebih cocok untuk mereka yang hobi traveling. Jadi selain bisa jalan-jalan, kalian juga bisa mendapatkan penghasilan dari sana. Bisnis ini mungkin lebih tepat disebut sebagai bisnis sampingan. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar.

Meski lebih tepat disebut sebagai bisnis sampingan, bukan berarti kalian tidak bisa menjalankannya dengan serius. Jika kalian memang sering bepergian, bisnis tanpa modal ini jelas bisa dijadikan pilihan. Instagram juga bisa menjadi media promosi untuk mencari orang yang ingin titip beli barang tertentu. Setidaknya, bisnis ini bisa membantu kalian mengurangi biaya pengeluaran saat traveling.

6. Agen Properti

Tidak memiliki modal besar tapi ingin mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi? Sepintas ini memang terlihat tidak mungkin. Tapi di industri properti, hal tersebut bisa saja terjadi. Namun bukan dengan menjadi pengembang. Kalian bisa menjadi agen properti, menjual properti milik orang lain dan mendapatkan keuntungan baik dari selisih harga ataupun dari payment.

Menjadi agen properti pada prinsipnya mirip seperti bisnis dropshipping. Kalian tidak perlu membeli properti terlebih dahulu. Hanya saja kalian memang harus meluangkan waktu untuk mengantar calon pembeli ke properti yang ditawarkan. Instagram sendiri bisa dimanfaatkan sebagai media promosi. Karena itulah, agen properti bisa menjadi salah satu pilihan usaha tanpa modal di Instagram.

7. Selebgram

Fenomena selebgram memang terbilang unik. Dengan nama besar yang dimilikinya, seorang selebgram bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Namun untuk mencapai titik tersebut, seorang selebgram memang harus membuat konten yang menarik hingga mendongkrak namanya.

Sumber penghasilan selebgram sendiri umumnya berasal dari iklan atau yang biasa disebut dengan istilah endorsement. Dengan jumlah follower yang besar, selebgram memiliki kapasitas untuk membangun opini bahkan menggiring (influence) follower-nya untuk melakukan hal-hal tertentu, termasuk membeli produk ataupun layanan yang mereka tawarkan.

Untuk menjadi selebgram yang sukses memang butuh waktu. Namun jika proses tersebut dijalani dengan baik, bukan tidak mungkin kalian bisa mendapatkan penghasilan besar tanpa harus mengeluarkan banyak uang sebagai modal. Bahkan ada banyak selebgram yang telah meraih kesuksesan dari usaha tanpa modal yang satu ini.

Tips Membangun Bisnis di Instagram

Bisnis online tanpa modal di Instagram memang sangat memungkinkan. Namun untuk sampai pada titik di mana kalian bisa mendapatkan pemasukan rutin, ada proses yang harus dilalui. Tidak jarang, kalian juga harus mengubah strategi demi mempertahankan atau bahkan mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Namun bagi kalian yang baru memulai bisnis di Instagram, suggestions berikut ini bisa membantu.

1. Buat akun bisnis

Untuk memulai bisnis online tanpa modal di Instagram, sebenarnya kalian bisa saja menggunakan akun personal. Tapi untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, akan lebih baik jika membuat akun bisnis.

Berbeda dengan akun private, akun bisnis online tanpa modal di Instagram dibekali dengan fitur yang lebih lengkap. Misalnya saja seperti fitur kontak, perception hingga iklan online berbayar. Akun bisnis Instagram juga lebih terlihat meyakinkan di mata calon pembeli. Ini menunjukkan komitmen kalian dalam berbisnis. Dengan fitur-fitur yang ada pada akun bisnis, kalian juga bisa merancang strategi yang lebih tepat untuk memasarkan bisnis online tanpa modal.

2. Buat konten yang menarik dan posting secara teratur

Semakin banyak follower, semakin tinggi potensi penghasilan yang bisa didapatkan.

Bisnis online tanpa modal bukan berarti tidak memiliki follower. Namun untuk mendapatkan follower yang banyak, kalian memerlukan konten yang bagus. Setidaknya, kalian harus memiliki konten yang menarik dan sesuai dengan profil follower yang ditargetkan. Sehingga, model consciousness akan mudah terbangun dan diingat oleh masyarakat.

Konten yang dibuat memang tidak hanya harus menarik. Konten tersebut juga harus tertarget. Ini harus dikonsep sejak awal guna memudahkan kalian saat hendak mengonversi follower menjadi pembeli nanti. Posting konten hendaknya juga dilakukan secara teratur sesuai dengan kebiasaan dari follower kalian. Jika mayoritas follower kalian online di jam 15.00, maka sebaiknya posting konten di waktu tersebut. Cara inilah yang akan membuat bisnis tanpa modal di Instagram tetap bertahan bahkan terus berkembang.

3. Susun feed Instagram agar terlihat menarik

Bukan hanya konten saja yang harus menarik. Halaman feed Instagram juga harus menarik. Susunan feed Instagram sendiri memang diurutkan berdasarkan waktu posting dari konten. Karena itu, untuk membuat feed yang bagus kalian harus mengonsep konten yang menarik dan mem-posting-nya sesuai dengan urutan yang telah dirancang sebelumnya.

Cara membuat feed Instagram keren, kalian bisa memperhatikan komposisi warna dari setiap konten. Perhatikan juga tema yang kalian usung. Buat susunan feed kalian lebih berkarakter. Ini perlu dilakukan agar bisnis tanpa modal yang kalian jalankan lebih mudah dikenali.

Jangkau Lebih Banyak Pembeli Melalui Sosial Media dengan Jasa Marketing Berkualitas

Saat jumlah follower semakin banyak dan bisnis mulai berjalan, prinsip-prinsip dalam berbisnis juga harus diperhatikan. Misalnya saja yang terkait dengan pelayanan. Pelayanan harus cepat dan ramah. Selain itu perhitungan ongkos kirim juga harus diperhatikan. Jangan sampai terlalu sering memberi subsidi ongkos kirim. Jika ini dilakukan sebagai strategi promosi, kalian boleh saja melakukannya. Meski demikian, strategi pemasaran Instagram Ads yang buruk juga bisa membuat usaha tanpa modal tidak lagi murah. Bahkan sebaliknya, ini bisa membuat kalian rugi. Jadi apapun cara bisnis onlinetanpa modal yang kalian pilih, pastikan untuk menjalankannya dengan baik dan terus berkembang secara konsisten.