Waste4Change Berkomitmen Bantu Indonesia Bebas Sampah dengan Ini

Mungkin belum banyak dari kalian yang mengenal Waste4Change. Perusahaan ini bergerak untuk memberikan solusi mengenai pengelolaan sampah di Indonesia yang lebih bijak dan bertanggung jawab.

Waste4change.com merupakan sebuah perusahaan yang berdiri dengan visi untuk “Menjadi Pemimpin dalam Menyediakan Solusi Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab”. Untuk mencapai hal tersebut, perusahaan ini memiliki strategi khusus yakni, “Perubahan Ekosistem Pengelolaan Sampah yang Bertanggung Jawab dengan Berlandaskan Kolaborasi dan Teknologi Menuju Penerapan Ekonomi Melingkar (Circular Economy) dan Indonesia Bebas Sampah”.

Waste4Change memiliki beberapa layanan guna mencapai tujuan tersebut. Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai layanan yang perusahaan ini miliki, mari kita mengenalnya lebih jauh dengan membaca sejarah singkatnya berikut ini.

Sejarah Singkat Waste4Change

Perusahaan yang berdedikasi untuk mengelola sampah dengan ramah lingkungan ini pertama kali berdiri pada tahun 2014. Awalnya perusahaan ini tercetus dari diskusi antara PT. Greeneration Indonesia & Ecobali (PT Bumi Lestari Bali). Dimana keduanya berencana untuk membentuk sebuah perusahaan yang mengelola sampah guna mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA. Sampai akhirnya, perusahaan ini resmi berdiri dengan nama PT Wasteforchange Alam Indonesia yang didirikan oleh Mohamad Bijaksana Junerosano.

Setahun kemudian Waste4Change mendirikan rumah pemulihan material pertamanya di komplek VIDA Bumipala, Bekasi Timur, Indonesia. Telah berdiri selama 6 tahun, perusahaan ini banyak berkontribusi dalam pengelolaan sampah melalui layanan-layanan yang mereka sediakan. Berikut ini layanan yang dimiliki oleh Waste4Change.

Layanan Berdasarkan Jenis Jasa

Perusahaan pengelolaan sampah yang ramah lingkungan ini membagi jenis jasanya menjadi empat bagian sebagai berikut:

1. Consult

Waste4Change menyediakan riset yang berbasis pada data-data yang valid. Tidak hanya itu perusahaan ini juga akan memberikan waktu konsultasi berupa masukkan dengan para ahli-ahli persampahan pada tingkat lokal. Sehingga, dapat mengoptimalkan solusi dari pengelolaan sampah. Salah satu contoh dari layanan ini adalah Solid Waste Management Research.

2. Campaign

Tidak hanya mengelola sampah, Waste4Change juga akan memfasilitasi sebuah program untuk memberikan edukasi dan sosialisasi antara para pemangku kepentingan. Sehingga dapat menciptakan sebuah perubahan ekosistem untuk mewujudkan Ekonomi Sirkular. Program kampanye ini bernama Waste Management Academy atau AKABIS.

3. Collect

Sesuai dengan namanya, jenis layanan ini akan mengumpulkan sampah-sampah dari para klien yang berlangganan dengan jasa ini. Namun, para klien diharuskan untuk memilah sampahnya terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada pihak Waste4Change. Selain mengangkut sampah yang sudah terpilah pada tempat sampah terpilah, perusahaan ini juga memberikan laporan mengenai alur sampah tersebut. Sehingga, para klien mengetahui bagaimana proses sampah mereka hingga berubah menjadi material daur ulang.

Waste4Change memiliki beberapa layanan yang masuk ke dalam kategori ini antara lain: Residential Area Waste Management, Personal Waste Management, Event Waste Management, Commercial Area Waste Management.

4. Create

Setelah mengumpulkan sampah-sampah terpilah, pihak dari Waste4Change akan memproses sampah tersebut dengan cara yang bertanggung jawab. Sehingga sampah yang telah terkumpul itu bisa berubah menjadi material daur ulang. Layanan yang termasuk dalam kategori ini adalah Extended Producer Responsibility, In-Store Recycling.

Layanan Berdasarkan Kepemilikan

Waste4Change juga membagi layanan jasanya berdasarkan kepemilikan sampah. Waste4Change membaginya menjadi dua bagian yakni, perusahaan dan individu. Sebenarnya, kedua bagian ini tidak begitu berbeda. Hanya saja kuantiti sampah yang setiap bagian tersebut hasilkan berbeda. Sehingga membutuhkan cara pengelolaan sampah yang sedikit berbeda.

Jika kamu membutuhkan informasi lebih jauh mengenai perusahaan pengelolaan sampah ini. Kamu dapat mengunjungi situs resminya disini atau akun instagramnya disini. Semoga kita semua bisa lebih berkontribusi untuk mengelola sampah dengan bertanggung jawab ya.