Tips Merawat Mobil Yang Benar, Dijamin Mobil Anda Seperti Baru

Dalam memiliki sebuah kendaraan, baik roda dua maupun empat perlu adanya perawatan. Mulai dari perawatan hal kecil hingga yang besar. Apalagi kendaraan merupakan salah satu asset yang bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, untuk itu pentingnya memperhatikan cara merawat mobil, seperti berikut:

1. Ganti Oli Secara Berkala

Cara ini biasanya sudah sering dilakukan, hal ini guna membuat kondisi kendara tetap prima. Pada umumnya, orang mengganti oli dalam kurun waktu 6 bulan atau per 10.000 km sekali. Menurut pakar bila mobil sering digunakan di jalanan yang macet, ada baiknya mengganti oli setiap 5.000 km. jika mesin terasa kasar dan olinya menghitam, itu juga bisa menjadi tanda oli harus diganti.

2. Servis dan Tune Up Di Dealer Resmi

Jika melakukan service di dealer resmi tentu memiliki standar yang sesuai. Bila Anda ingin melakukan servis dan tune-up di bengkel biasa, pastikan spare part ataupun bahan yang sedang dibutuhkan benar-benar asli. Hal ini dimaksudkan, untuk menghindari kerusakan pada mesin mobil.

3. Periksa Kondisi Kopling dan Rem

Mengecek kondisi kopling dan rem merupakan hal yang penting untuk dilakukan dalam cara merawat mobil. Jika perpindahan gigi terasa berat, itu saatnya Anda untuk mengganti kampas kopling. Disarankan  saat kilometer mobil sudah mencapai 10.000- 15.000, ganti kampas-kampas kopling yang telah abis menjadi yang lebih baru. Cek pula konidisi rem setiap kilometernya sudah mencapai 20ribu.

4. Ganti dan Isi Air Radiator

Salah satu penyebab mesin mobil mogok adalah habisnya air radiator. Jika terus menerus dibiarkan, kondisi mobil akan menjadi semakin parah dan berdampak pada sistem mesin yang lainnya. untuk menghindari hal itu, cek dan isi ulang airradiator mobil secara berkala. Jangan lupa, isi bagian tersebut dengan cairan coolant yang direkomendasikan agar kondisi mesin senatiasa terjaga.

5. Pastikan Aki Tidak Aus

Setelah mengecek air radiator, pastikan air mobil berada pada level yang seharusnya. Pada body aki tersebut terdapat garis indicator (batas penanda) yang bisa Anda jadikan sebagai patokan. Sedangkan untuk mengetahui kondisi kelayakan aki, kitab isa mengujinya menggunakan alat pengukur volmeter.

6. Cek Kondisi Kabel dan Lampu

Kabel-kabel yang terdapat pada mesin mobil tentu sangat banyak. Jika Anda ketika mengendarai mobil merasa kondisi kendaraan tidak prima, bisa jadi terjadi masalah pada kabel mesin di dalam mobil. Sebaiknya segera periksakan kondisi mobil ke dealer resmi. Jangan lupa, periksa juga apakah lampu mobil masih dalam keadaan layak. Jika tidak, gantilah dengan yang baru sesuai dengan standar mobil Anda.

Masih banyak lagi hal-hal yang perlu Anda ketahui dalam melakukan perawatan mobil. Sebelum membeli mobil baru 2022 tentu pengetahuan diatas bisa menjadi informasi yang bisa dilakukan ketika mobil sudah di dapat.

Membeli mobil di era seperti sekarang bukanlah hal yang sulit, semua orang bisa membeli mobil sesuai dengan impiannya. Seperti yang kita ketahui bahwa harga mobil mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah. Akan tetapi, Anda tenang saja tanpa harus menunggu waktu bertahun-tahun untuk menggumpulkan biaya Anda bisa membeli mobil secara kredit.

Tidak dipungkiri membeli mobil secara kredit melalui SEVA benar-benar sangat membantu. Biaya angsuran mulai dari tiga jutaan dalam jangka waktu 60 Bulan bisa dilakukan di SEVA.

Dapatkan promo special 30 Maret-30 April 2022 untuk mendapatkan Bunga 0% ditambah dengan free cashback 1Juta dan masih banyak lainnya.