Simak Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah, Paling Efektif!

Apa saja tips mendampingi anak anak belajar di rumah yang bisa dilakukan secara efektif? Seperti diketahui, tentu saja orang tua tidak boleh merasa cukup ketika anaknya sudah belajar di sekolah secara tatap muka. Karena untuk memahami materi pelajaran yang diberikan di sekolah juga harus dibarengi dengan belajar di rumah. Lalu apa saja tips mendampingi anak belajar di rumah yang bisa dicoba?

Tips Mendampingi Anak Belajar

Berikut ini beberapa tips mendampingi anak saat belajar rumah yang bisa dipraktekkan oleh orang tua.

1. Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman bagi anak terlebih dahulu. Tempat yang nyaman bagi anak adalah tempat atau ruangan khusus belajar bagi anak dengan sirkulasi udara yang baik.

Ada baiknya memilih tempat belajar yang punya ventilasi udara, sehingga pencahayaan juga cukup di ruangan tersebut. Jika tidak memiliki ruangan khusus, maka bisa memanfaatkan kamar sebagai tempat belajar yang lebih private dan jauh dari kebisingan. Untuk mendukung tempat belajar yang baik maka bisa sertakan kelengkapan berupa perlengkapan belajar.

2. Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Berikutnya orang tua juga perlu mengetahui gaya belajar yang tepat bagi anak. Setiap anak pasti punya gaya belajar yang berbeda-beda. Misalnya ada anak yang lebih menyukai belajar dengan tipe visual melalui gambar ataupun video.

Ada juga tipe pembelajar dengan auditori di mana Anda lebih suka mendapatkan informasi dan ilmu lewat suara. Ada juga anak yang lebih suka belajar dengan sistem kinestetik, verbal ataupun sosial.

3. Buatkan Jadwal Anak

Orang tua juga penting untuk membuat jadwal anak ketika mendampinginya belajar. Jadwal ini bisa kamu buat untuk kegiatan anak mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali. Pembuatan jadwal ini juga sangat bagus, agar anak bisa lebih disiplin dan punya manajemen waktu yang baik.

4. Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Tips mendampingi anak belajar dirumah yang  terakhir, perlu juga untuk memaksimalkan waktu bersama anak. Memaksimalkan waktu ini bisa saat mendampingi anak belajar ataupun setelah belajar dengan melakukan berbagai kegiatan. Seperti misalnya kegiatan dengan memasak bersama, makan bersama ataupun nonton film.

Dampingi Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Tips mendampingi anak belajar di rumah juga harus dibarengi dengan pilihan platform edukasi yang tepat yaitu Pijar Belajar.

1. Apa Itu Pijar Belajar

Pijar Belajar sebuah platform edukasi di bawah naungan PT. Telkom Indonesia yang juga merupakan re-branding dari IndiHome Study. Pijar Belajar menjadi suplemen belajar terbaik dengan sistem belajar secara online yang sangat fleksibel, sehingga anak bisa akses platform ini di mana saja dan kapan saja.

2. Keunggulan Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan platform edukasi dengan banyak keunggulan sebagai berikut.

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA, para siswa akan mendapatkan materi sesuai dengan jenjang pendidikan mulai SD sampai SMA. Di sini siswa juga akan mendapatkan latihan soal dan video pembahasan di setiap materi yang diberikan.
  • Harga terjangkau banget, untuk biaya berlangganan paket belajar juga sangat terjangkau jika dibanding dengan platform edukasi lainnya.
  • Start 10rb, biaya yang ditawarkan mulai dari 10 ribuan saja sudah bisa akses ke paket belajar dan fitur-fitur lainnya di Pijar Belajar.
  • Bisa diakses laptop dan smartphone, platform ini juga fleksibel karena bisa diakses dengan laptop dan juga smartphone. Jadi meskipun anak belum dibekali dengan laptop tetap bisa akses ke platform edukasi Pijar Belajar.

Untuk yang tertarik dengan platform edukasi ini maka bisa download Pijar Belajar sekarang juga.