Simak 5 Tips Memilih Sistem Absensi untuk Perusahaan

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan sistem absensi. Hal ini juga dibutuhkan untuk menjaga kedisiplinan karyawan. Meskipun tren perusahaan sekarang yang memberikan peraturan lebih longgar mengenai jam masuk dan pulang kantor, tapi sistem absensi juga biasanya dibutuhkan untuk mendokumentasikan keseluruhan kegiatan karyawan.

Perusahaan pun tak boleh asal dalam hal pemilihan sistem absensi. Sebisa mungkin untuk memilih sistem absensi yang memang terbaik dan cocok dengan kebutuhan perusahaan. Kali ini Kami akan memberikan tips memilih sistem absensi kehadiran karyawan online untuk perusahaan. Apa saja tipsnya? Simak di artikel ini!

Tips memilih sistem absensi untuk perusahaan

1. Pastikan sistem absensi sudah terlisensi

Ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan sistem absensi yang tersedia di Indonesia, Anda bisa memulainya dengan memilah-milah mana sistem absensi yang sudah terlisensi secara legal, terpercaya, dan berpengalaman. Dengan begitu pilihan Anda akan menjadi lebih mengerucut.

Biasanya sistem absensi memiliki lisensi mesin yang menjadi bukti bahwa mesin tersebut merupakan produk orisinil dengan kualitas yang baik. Anda bisa membuktikan lisensi ini dengan melihat vendor atau perusahaan yang memproduksi mesin tersebut.

Apakah produsen sudah merupakan nama yang terkenal? Apakah track recordnya baik? Dari sini Anda akan melihat apakah sistem absensi tersebut terpercaya atau tidak. Selain itu cek juga perusahaan lain yang sudah menggunakan sistem absensi tersebut, agar Anda pun tahu bahwa perusahaan yang menyediakan sistem absensi tersebut memang sudah berpengalaman.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan kantor

Pilihlah sistem absensi yang sesuai dengan kebutuhan kantor. Poin yang satu ini menjadi kunci untuk mendapatkan sistem absensi terbaik untuk perusahaan Anda. Kebutuhan bisa dilihat dari goal Anda menggunakan sistem absensi.

Apakah nantinya sistem absensi hanya digunakan untuk mencatat daftar kehadiran saja? Atau Anda ingin menggunakannya untuk hal yang lebih detail? Seperti, fitur rekap daftar kehadiran yang bisa berintegrasi ke sistem penggajian karyawan.

Dalam pemilihan tersebut Anda juga harus mengetahui berbagai jenis sistem absensi agar lebih menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Seperti mesin absensi biometrik yang telah terkoneksi dengan software payroll.

Lain lagi jika perusahaanmu menginginkan mesin absensi yang bisa memantau pekerja lapangan, maka sistem absensi yang cocok adalah tipe time track. Jadi pastikan sistem absensi pilihan Anda cocok dengan kebutuhan kantor ya.

3. Pilih yang sesuai dengan anggaran perusahaan Anda

Lagi-lagi ketika dihadapkan dengan berbagai pilihan, Anda bisa mengerucutkannya dengan memisahkan beberapa sistem absensi yang sesuai dengan anggaran perusahaan Anda. Tentu, tak semua cocok dengan bujet yang perusahaan Anda miliki.

Semakin banyak fitur biasanya semakin tinggi juga harganya. Jika memang tidak sesuai dengan anggaran perusahaan, mungkin Anda bisa menyesuaikan dengan pemilihan fiturnya.

Di sini Talenta by Mekari menghadirkan sistem absensi dengan fitur sistem kehadiran paling lengkap namun dengan harga yang bersahabat. Anda akan mendapatkan fitur lengkap seperti, perekam absensi, install aplikasi dasbor dan karyawan, support chat & telepon, hingga sistem setup. Kunjungi https://www.talenta.co untuk mengetahui lebih lanjut.

4. Pastikan sistem absensi mencakup jumlah karyawan Anda

Tak hanya fitur, sistem absensi juga dibagi ke dalam beberapa kapasitas jumlah karyawan. Khususnya, untuk perusahaan start up yang biasa pengembangannya cepat, Anda harus bisa memilih sistem absensi yang mencakup keseluruhan karyawan.

Sitem absensi biasanya dihadirkan dengan kapasitas berbeda-beda, ada yang bisa menampung 50-100 orang, lebih dari 500 orang atau bahkan lebih dari 5000 orang. Tentu memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan juga akan memangkas biaya anggaran.

5. Cari tahu mengenai layanan yang dihadirkan oleh penyedia sistem absensi

Setelah memilih tentu pekerjaan Anda belum selesai sampai situ, mesin absensi membutuhkan perawatan yang tak mudah. Untuk menyakinkan, Anda bisa menanyakan mengenai layanan apa yang akan Anda dapatkan setelah memilih sistem absensi tersebut.

Coba tanyakan mengenai jasa teknisi apakah siap membantu ketika ada permasalahan di waktu mendatang. Jika iya, Anda akan merasa lebih yakin bahwa perusahaan sistem absensi tersebut akan memberikan layanan yang terbaik untuk para pelanggannya.

Bagaimana, masih bingung untuk memilih sistem absensi yang tepat untuk perusahaan Anda? Ayo, mulai aplikasikan tips di atas. Semoga Anda cepat menemukan sistem absensi yang cocok!