Resep Daging Ayam Bakar Taliwang Enak

Ayam merupakan daging sejuta umat yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Banyak daerah juga mempunyai olahan khas untuk bahan makanan yang satu ini. Salah satunya adalah ayam bakar taliwang merupakan makanan khas dari Nusa Tenggara Barat. Makanan ini biasanya dihidangkan dengan plecing kangkung di restoran sehingga membuat rasanya menjadi lebih nikmat. Bagi yang ingin menikmati daging ayam ini tidak perlu membelinya di restoran karena juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

Manfaat Mengolah Daging Ayam dengan Dibakar

Ayam bisa diolah dengan berbagai cara mulai direbus, dikukus, digoreng, dan juga dibakar. Berbagai olahan tersebut akan memberikan rasa enak untuk ayam. Akan tetapi bagi yang menginginkan daging ayam lebih sehat juga sebaiknya diolah dengan cara yang lebih sehat untuk kesehatan. Salah satunya adalah dengan dibakar yang lebih sehat dibandingkan digoreng. Pengolahan ayam dibakar akan membuat rasa ayam tetap nikmat dan menjaga gizi yang dipunyai daging ayam. Karena apabila diolah dengan tepat dan memilih bagian yang sehat yaitu dada ayam tanpa lemak bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

  1. Manfaat pertama adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Protein daging ayam mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga bermanfaat untuk mengurangi resiko berbagai penyakit termasuk gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke iskemik.
  2. Daging ayam dapat membantu menurunkan berat badan sehingga bagus dikonsumsi saat diet. Utamanya bagian dada yang mempunyai protein untuk meningkatkan masa otot dan dapat menjaga berat badan.
  3. Bagus untuk meningkatkan kekuatan tulang karena kandungannya yang dapat menyerap kalsium dengan lebih baik dan berpengaruh pada kepadatan tulang.
  4. Bagus untuk meningkatkan hormon testosteron menurut penelitian yang dilakukan dan dipublish di Journal of Ayub Medical College (JAMC).
  5. Dapat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meredakan gejala batuk, pilek, dan masalah kesehatan lainnya. Sup daging ayam mempunyai efek anti inflamasi sehingga mengurangi gejala infeksi saluran pernafasan.

Resep Ayam Bakar Taliwang

Membuat ayam bakar taliwang bisa menyiapkan bahannya terlebih dahulu yaitu dibagi menjadi dua yaitu bahan utama dan bumbu halus seperti berikut:

  • Bahan utamanya siapkan: 4 paha ayam, 2 buah jeruk nipis, 1 sdm kecap manis, 100 gram gula merah sisir, 3 lembar daun jeruk yang di sobek-sobek, 2 batang serai geprek, 500 ml santan dan air, garam secukupnya, dan timun iris.
  • Bumbu halusnya siapkan 8 buah cabai keriting, 2 buah cabai rawit, 8 bawang merah, 4 bawang putih, 1 sdt terasi bakar, 1 tomat, dan 1 cm kencur.

Resep membuatnya:

  • Bersihkan ayam dan marinasi menggunakan jeruk nipis.
  • Panaskan minyak dan tumis bumbu halus, serai yang digeprek, dan daun jeruk hingga wangi.
  • Masukkan ayam dan aduk rata. Tambahkan santan, gula merah, kecap manis, dan garam.
  • Ungkep ayam dan masak hingga empuk dan bumbu mengental.
  • Panggang bolak-balik sambil diolesi bumbu hingga matang.
  • Sajikan ayam dengan timun dan sayuran lainnya sesuai selera.

Untuk membuat ayam bakar taliwang seperti di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai bumbunya dengan mudah di TaniHub. Tempat ini menawarkan daging ayam utuh maupun bagian yang dibutuhkan untuk memasak dengan dijamin masih segar untuk dimasak. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan bumbu masak yang dibutuhkan di TaniHub untuk membuat resep ayam bakar taliwang yang lezat dan rasa kuat.