Ide Usaha Rumahan Kreatif, Cocok Untuk Mengasah Kreativitas dari Rumah

Banyak orang mulai memutar otak untuk membuat usaha rumahan yang kreatif. Sebenarnya banyak sekali usaha rumahan yang bisa dilakukan. Melakukan usaha dengan mengandalkan kreativitas tentunya tidak hanya untuk mendapatkan imbalan semata, namun bisa juga untuk hiburan. Terlebih jika usaha kreatif berasal dari hobi. Berikut 6 ide usaha rumahan kreatif yang bisa dicoba dirumah:

1. Usaha Sayuran Siap Masak 

Mungkin jika mendengar seseorang yang berjualan sayur, sudah sangat biasa. Terlebih hal ini identik dengan penjual yang mendorong gerobak sayur. Namun, agar jualan sayur berbeda dari biasanya maka bisa mencoba ide usaha rumahan kreatif, dengan menjual sayuran siap masak.

Artinya penjual bisa menjual sayur yang telah dipotong ataupun ditakar sedemikian rupa. Tidak lupa juga tambah bumbu pelengkapnya jika ada, agar pembeli tinggal siap masak. Misalnya jual sepaket sayur untuk masakan sop maka ada isian lengkap seperti sawi, kentang, wortel dan sebagainya.

Tentunya hal ini menjadi keunggulan dari jualan sayur yang sedang dikembangkan. Pembeli juga semakin tertarik, karena tidak perlu lagi pusing memikirkan takaran dan kombinasi sayur yang hendak dibuat.

2. Menjual Barang Antik

Walaupun terdengar omsetnya tidak menjanjikan, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa orang yang rela membeli barang antik. Pasalnya barang-barang tersebut bisa dijadikan sebagai “pemanggil” memori dimasa lalu. Tidak heran banyak orang yang berburu barang antik dan rela memberikan uang yang banyak untuk membelinya.

3. Buat Jasa Dekorasi Paper Flower

Saat ini lamaran tidak hanya sekadar pertemuan dua keluarga dengan acara sederhana. Namun, banyak pasangan mulai membuat acara lamarannya juga berkesan. Misalnya dengan menambahkan aksesoris pada sudut sisi rumah dengan dekorasi paper flower.

Hal ini juga akan memperindah saat sesi foto. Oleh karena itu, jasa pembuatan dekorasi Paper Flower mulai dilirik banyak orang. Pasalnya hanya bermodalkan kertas dan kreativitas bisa mendapatkan imbalan uang.

4. Jasa Merangkai Bunga atau Florist

Bagi pemilik kebun bunga, tentu bisa mengkombinasikan usaha jual bunga dengan merangkai bunga. Pasalnya beberapa konsumen tidak berminat untuk membeli bunga hidup untuk dirawat di kemudian hari. Namun ada yang hanya ingin memberikan rangkaian bunga atau semacam buket bunga kepada orang tersayang.

Jadi, tidak ada salahnya yang memiliki jiwa kreatif bisa membuka jasa merangkai bunga atau florist. Jasa semacam ini akan sangat ramai saat menjelang wisuda, hari pernikahan ataupun lamaran. Tidak hanya itu, benda ini cocok juga sebagai kado ulang tahun.

5. Buat Souvenir Pernikahan

Selanjutnya usaha rumahan kreatif  adalah memberikan jasa membuatkan souvenir pernikahan. Tentunya saat ingin terjun pada pembuatan souvenir pernikahan, butuh untuk memilih desain produk yang paling kreatif sehingga membuat pelanggan senang. Misalnya membuat cinderamata satu pot kaktus mini, terrarium, earphone. Tentunya hal tersebut disesuaikan dengan budget dari pemesan.

6. Memberikan Penyewaan Perlengkapan Bayi

Jasa semacam ini mungkin belum begitu populer. Namun usaha ini cukup kreatif, pasalnya beberapa orang memang merasa lebih baik untuk menyewa daripada membelinya. Sebab sayang jika membeli perlengkapan bayi, seperti: kereta bayi, mainan yang digunakan beberapa saat saja. Oleh karena itu, jasa penyewaan semacam ini akan menjadi salah satu ide usaha yang kreatif.

Demikian penjelasan beberapa ide usaha rumahan kreatif. Tentunya dengan memaksimalkan kreativitas yang dimiliki bisa berpeluang untuk membuka usaha rumahan. Tidak hanya untuk diri sendiri, bahkan bisa juga untuk membuka peluang mempekerjakan orang lain yang membutuhkan.