Aneka Jenis Pisang yang Cocok Diberikan untuk Balita

 

Memasuki usia enam bulan, bayi sudah bisa diperkenalkan dengan asupan lain selain susu. Tahap ini disebut dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI). MPASI bisa menjadi bagian mendebarkan bagi ibu, pasalnya untuk pertama kali si kecil akan makan dan menyiapkan makanan bagi si kecil tidaklah semudah yang dibayangkan. Salah satu makanan yang bisa Anda berikan saat MPASI adalah buah pisang. Dimana buah ini mengandung banyak serat dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, magnesium, karbohidrat, protein dan sedikit lemak.

Bayi yang sudah terbiasa dengan MPASI bisa diberi asupan buah pisang. Buah ini akan membuat bayi lebih sehat dan berenergi. Namun, Anda harus memilih jenis pisang yang tepat agar bayi mudah mencernanya. Jenis pisang untuk bayi sangat beragam lho, sehingga Anda tak perlu pusing ketika harus memberikan buah pisang sebagai salah satu menu MPASI-nya.

Buah pisang untuk MPASI bayi

Buah pisang terdiri dari berbagai jenis yang terdapat di dunia ini. Setiap jenisnya tentu saja memiliki ciri khas. Untuk diberikan kepada bayi, Anda harus memilih jenis buah pisang yang tepat lho. Simak beberapa jenis pisang yang bisa Anda berikan kepada bayi sebagai MPASI pada poin-poin berikut ini.

1. Pisang Susu

Ciri khas dari pisang susu yakni ukurannya kecil dan tekstur lembutnya. Sehingga, pisang jenis ini sangat mudah dikonsumsi oleh bayi. Tak heran jika pisang ini sering diberikan kepada bayi yang giginya belum tumbuh.

2. Pisang Cavendish

Pisang yang satu ini didatangkan dari luar negeri, sehingga termasuk buah impor. Di Indonesia, pisang ini tergolong ke dalam jajaran buah premium karena harganya yang relatif mahal. Namun, rasa dan manfaat tentu saja patut diacungi jempol. Ciri khas dari pisang jenis ini yaitu kulitnya cerah dan mulus. Keistimewaan pisang ini juga didukung oleh daging buahnya yang manis dan lezat.

3. Pisang Emas

Jenis pisang untuk bayi selanjutnya yaitu pisang emas. Tak berbeda dengan pisang susu, pisang emas pun memiliki ukuran kecil-kecil. Meski ukurannya kecil, pisang jenis ini memiliki cita rasa yang manis. Bayi yang diberi asupan pisang emas sebagai MPASI akan lebih mudah membedakan rasa. Sehingga, bayi akan mempelajari setiap rasa makanan yang ia konsumsi dengan lebih mudah.

4. Pisang Kepok

Pisang yang satu ini memiliki tekstur luar yang keras. Namun Anda tak boleh tertipu dengan penampilan luarnya. Karena daging pisang kepok terasa sangat lembut, sehingga bisa dengan mudah dilumat oleh bayi. Anda bisa menyajikan pisang kepok untuk bayi dengan cara dihaluskan. Menariknya, pisang ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh bayi menjadi lebih kuat lho.

5. Pisang Ambon

Pisang ambon menjadi jenis pisang yang paling direkomendasikan untuk bayi. Hal ini dikarenakan teksturnya yang begitu lembut. Bahkan Anda tak perlu menghancurkan atau memasaknya dahulu. Anda bisa langsung mengeruk daging buahnya dan menyuapkannya ke bayi.

Itulah beberapa review mengenai jenis pisang yang bisa Anda berikan untuk bayi sebagai MPASI. Anda perlu memilih jenis pisang untuk bayi yang aman dikonsumsi. Sehingga tumbuh kembang bayi bisa meningkat secara signifikan.

Setelah mengetahui jenis-jenisnya, aneka pisang yang baik untuk bayi tersebut Anda bisa mendapatkan buah ini di TaniHub sebagai tempat belanja buah dan sayur online terbaik saat ini. Caranya cukup buka browser dan kunjungi https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Apple Store maupun Google Play Store. Mudah bukan?

Tak hanya mudah, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub